PENELITIAN – UPDATE

PENINGKATAN KINERJA MELALUI COLLABORATIVE TECHNOLOGIES

Saat ini kita berada pada zaman smart teknologi, suatu masa dimana teknologi informasi telah memberikan keleluasaan luar biasa bagi organisasi untuk berkreasi dalam berbagai kegiatan, seperti transaksi bisnis, kemitraan bisnis, bahkan penciptaan bisnis baru. Peningkatan kebutuhan   TI (Teknologi Informasi) telah merubah konsep tradisional menjadi konsep yang lebih modern. Konsep tradisional menyatakan bahwa semua aktivitas perusahaan akan dikerjakan secara internal, sedangkan konsep modern menyatakan akan semakin sedikit operasional kinerja yang dilakukan secara internal, saat ini teknologi informasi memungkinkan perusahaan untuk memperoleh, memproses, meyimpan dan membagi informasi dan pengetahuan.

Kontribusi teknologi informasi (TI) dalam menciptakan nilai tambah bagi perusahaan merupakan salah satu isu kontroversial dibidang economics of information technology. Bila kita kaitkan dengan bidang akuntansi, perkembangan teknologi informasi telah banyak membantu meningkatkan sistem informasi akuntansi. Sistem informasi juga berperan dalam bidang akuntansi. Statement of Financial Accounting Concept No. 2, Financial Accounting Standard Board mendefinisikan akuntansi sebagai sistem informasi. Teknologi informasi dapat memperbaiki monitoring serta pengurangan spesifikasi hubungan yang ada dalam koordinasi eksplisit, sehingga perusahaan akan melakukan investasi dalam teknologi informasi untuk melakukan koordinasi antar perusahaan tanpa dikuatirkan oleh adanya resiko transaksi yang tinggi. Terdapat keterkaitan antara teknologi, rantai nilai, dinamika bersaing dan kinerja suatu perusahaan.

Collaborative technologies merupakan aplikasi dari Teknologi Informasi yang digunakan untuk membantu mengkoordinasikan para karyawan dengan para pekerjaan mereka serta dengan karyawan yang lainnya melalui pembagian informasi atau pengetahuan. sesuai dengan frekuensi penggunaannya, collaborative technologies berfokus pada empat kategori, yakni discussion forum, share database, repositories & workflow. Collaborative technologies terbukti memiliki dampak terbesar terhadap peningkatan kinerja perusahaan.

Fasilitas repositories digunakan untuk mengakses pengetahuan (knowledge) yang tersimpan dari para ahli. Sedangkan, system arus kerja dipergunakan untuk otomatisasi proses bisnis yang diharapkan dapat mendukung e-transaction sebagai tanda dibangunnya proses transaksi secara elektronik. Demikian pula dengan pembagian databased yang didesain untuk mendukung proses transaksi elektronik guna memfasilitasi e-transaction. Bahkan bentuk collaborative technologies yang lainnya seperti forum diskusi atau discussion forum dimungkinkan untuk berbagi dan mengkreasikan pengetahuan / knowledge yang kiranya dapat digunakan untuk pertukaran informasi dua arah.  Terkadang, pertukaran informasi dapat menyimpang jauh dari struktur collaborative technologies seperti workflows atau system pengelolaan manajemen yang bentuknya lebih interaktif dan terbuka dibandingkan dengan forum – forum diskusi.

3 Comments

  1. Artikelnya bagus. Tambah lagi donk…

    Boleh tanya ya….
    1. Kenapa kontribusi TI dlm memberi nilai tambah bg perush mrpk isu kontroversial di bid eco of IT? Apa bukan justru diterima dg tangan terbuka?
    2. Kalo menurut Nicholas G Karr TI itu malah mestinya gak perlu dipikirin lagi, seperti listrik, air, atau telp, sbg perbandingan: Kalo bikin kantor sdh pasti hrs ada listrik, air, dan telp kan, ini adalah beban2 kantor tapi tetep harus ada kan, kalo listriknya jelek kerjaan bisa berantakan, bisnis bisa buntung. Demikian juga untuk TI, sudah gak perlu dipikirin lagi… fokus organisasi/ perusahaan sebaiknya pada inti bisnisnya saja. Masalah TI di outsource ajalah… nah istilah kerennya IT Doesn’t Matter (http://hbswk.hbs.edu/archive/3520.html).
    Yang saya ingin tanyakan, artikel ini utamanya ditujukan bagi siapa?

    Itu aja,
    makasih

  2. Kurasa tidak perlu dikomentari tulisannya ….
    Good…. and bye …..
    intinya baik … lah

    Teruskan perjuanganmu
    menuju puncak.

    Tapi jangan lupa
    sanjungan itu teror (kata tukul)
    maju terus pantang mundur (kaya kuis)

    Dan yang penting ….. ini
    jodoh ada di tangan Tuhan (rak nyambung ya ….)

    Goodluck and Get married.

  3. semua artikel yang disajikan aktual, cuman jangan lupa sering2 meng-update tulisan biar kliatan dinamis….😀

    salam semangat


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s