PENGARUH E-MARKETING PADA BISNIS ONLINE MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF)

Pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan tata sosial dan ekonomi masyarakat, telah menjadikan e-commerce sebagai salah satu bagian penting dari sektor bisnis private maupun publik. Pernyataan sederhana, e-commerce tidak hanya menjadi mekanisme yang tepat dan membutuhkan biaya yang murah untuk diterapkan, akan tetapi dapat menjadi sebuah sistem sosial yang dapat diterima dan dapat diharapkan untuk digunakan. Bagian terpenting dari perdagangan atau pertukaran barang atau jasa adalah pemasaran.

Marketing merupakan suatu aktivitas yang secara bertahap dalam wujud produk, edukasi, harga, dan distribusi untuk bisa di nikmati secara luas. Pemasaran (marketing) banyak didefinisikan dalam arti luas, salah satu definisi menyatakan bahwa, pemasaran terdiri dari kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa serta gagasan. Sejalan dengan cepatnya perkembangan teknologi yang selalu bergerak maju dan menawarkan keuntungan dan peningkatan kepraktisan dalam wujud kecepatan, kapasitas, dan berbagai bentuk lainnya. Pemasaran bisnis online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik dengan cara melaui website, blog atau media sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan satu analisis deskriptif mengenai seberapa besar pengaruh electronic marketing (e-marketing) pada bisnis online menggunakan media sosial sebagai upaya pemasaran produk barang ataupun jasa. Secara praktis hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan serta masukan bagi pengguna internet dalam melakukan pemasaran produknya secara elektronik pada aktivitas bisnis online menggunakan media sosial.

Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah metode yang lebih mudah menyesuaikan dengan banyak pengaruh terhadap pola-pola nilai yang dihadapi dengan menyajikan data berupa kata-kata dan gambar. Sumber data yang berhubungan dengan penelitian ini berasal dari sumber data primer dan data sekunder.  Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan mengirimkan kuesioner permohonan kepada responden, sesuai dengan topik dalam penelitian ini, melalui surat elektronik (surel) dan inbox message dari salah satu media sosial. Sedangkan sumber dari data sekunder diperoleh dari pengumpulan data yang diperoleh dari buku – buku, jurnal, artikel, literatur – literatur, website, majalah maupun surat kabar yang berhubungan dengan e-marketing dan bisnis online menggunakan media sosial.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pada era jejaring saat ini, peningkatan dan upaya media sosial menjadi maksimal serta stategis bagi para pebisnis untuk memasarkan produk barang dagangannya secara online.

 PENGARUH E-MARKETING PADA BISNIS ONLINE MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

disajikan dalam PROSIDING SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPERS

Kinerja Perbankan, Bisnis dan Ekonomi Indonesia Menghadapai Asean Economic Community 2015

 30 Oktober 2014  FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS ~ UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s